BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Sejarah



SEJARAH SINGKAT
BADAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Diawali pada saat Universitas Muhammadiyah Malang masih berada di kampus 1, dimana tenaga pengajar yang dimiliki  belum ada satu pun yang tetap, baik dosen Yayasan maupun DPK. Namun seiring berkembangnya Universitas Muhammadiyah Malang, tepatnya pada tahun 1983, berangsur-angsur Universitas Muhammadiyah Malang sudah mulai memilikinya Dosen tetap baik DPK maupun Dosen tetap Yayasan. Semakin bertambahnya Dosen DPK dan adanya Dosen Yayasan,maka dipandang perlu adanya suatu wadah untuk pembinaan dan pengembangan Tenaga Edukatif yang dimiliki.

Pada saat Itu baru berupa TIM Penyelia, dan Kegiatan Tim Penyelia Tersebut baru sebatas Membantu dan mengoreksi kinerja Dosen, baik Dosen DPK maupun Dosen tetap Yayasan guna mengajukan kepangkatan akademik, pada saat Pembantu Rektor satu  yang saat itu dijabat oleh Bapak Dr. Muhadjir Effendi, MAP, maka dibuatlah suatu kebijakan untuk mengembangkan Tim Penyelia menjadi TPAK (Tim Penilai Angka Kredit) bagi Dosen DPK maupun Dosen Yayasan.

Untuk meningkatkan Kinerja Tim Penilai Angka kredit, pada tahun 1997 Tim TPAK mengadakan studi banding ke Universitas Negeri dan Universitas Swasta dimana Universitas-universitas yang dikunjungi sudah memiliki lembaga Pengembangan Sumberdaya Manusia sendiri, dengan terilhami dari hasil Studi banding tersebut dan semakin berkembangnya tenaga SDM baik Dosen maupun Karyawan yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang, maka dipandang perlu, dibentuklah Badan Pengembangan  Sumberdaya Manusia termasuk didalamnya TPAK. Dalam perkembangannya BPSDM tidak sekedar meningkatkan SDM secara Interal namun sudah merambah ke kegiatan Eksternal dengan menjalin hubungan bersama pihak Luar Universitas Muhammadiyah Malang.

 

 

 













 

 

 











 

Shared: