Tingkatkan Kualitas Pubikasi, BPSDM Gelar Pelatihan Aplikasi Endnote X8

Selasa, 07 November 2017 10:14 WIB

          Ruang Sidang Wakil Rektor 1,  Senin 06 November  2017. Bertempat di ruang sidang wakil rektor 1,Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UMM mengelar pelatihan aplikasi Endnote X8  bagi dosen dilingkungan Universitas Muhammadiyah Malang. Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala BPSDM UMM Bapak Prof Dr Ir Jabal Tarik Ibrahim, M.si.Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa urgensi dari pelatihan aplikasi endnote X8 adalah adanya kebutuhan yang mendesak, ketika beberapa jurnal hasil karya bapak-ibu dosen banyak yang kurang memenuhi standar penerbitan pada beberapa jurnal nasional dan internasional. Pelatihan ini bukanlah yang terakhir, namun kedepan akan ada pelatihan yang sejenis imbuhnya. Pelatihan gelombang pertama ini diikuti oleh sebanyak 46 orang bapak ibu dosen yang berasal dari semua fakultas dilingkungan UMM.

          Bertindak sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah dosen jurusan akuntansi UMM Dr. Ihyaul Ulum, SE. M.Si AK. CA yang sekaligus merupakan penulis buku “Mengelola Sitasi dan Referensi dengan Endnote X8, Optimalkan Google Scholar!”. Pelatihan ini didesain sesuai dengan kebutuhan saat ini, dimana kualitas publikasi dalam bentuk jurnal saat ini menjadi perhatian khusus mengingat adanya implemenstasi peraturan kemenristek dikti no 14 tahun 2014. Salah satu aspek yang tercantum dalam aturan tersebut adalah penerapan OJS (Open Journal System) dan penggunaan aplikasi dalam melakukan sitasi yang salah satunya adalah aplikasi endnote X8. Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mengetahui tata cara penggunaan aplikasi endnote ini, yang jelas dengan adanya piranti ini cara men- sitasi bapak ibu dosen akan menjadi lebih mudah nantinya.

          Pelatihan berlangsung dengan lancar dan peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ditutup oleh Bapak Prof Dr Jabal Tarik Ibrahim. Beliau berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar terus lebih giat lagi dalam berlatih menggunakan aplikasi endnote ini. (Ira BPSDM).