BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Perbanyak Jurnal Internasional

Author : Administrator | Kamis, 29 Desember 2016 07:36 WIB

 

Batu, 27-28 Desember 2016 – Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), memberikan sebuah terobosan baru berupa pendampingan penulisan jurnal internasional. Kegiatan yang baru kali pertama tersebut dimaksudkan untuk saling sharing tips dan trik serta kenyamanan dalam menyelesaikan jurnal internasional. Trik dan tips yang dimaksud adalah pemberian kata kunci pada jurnal, pemberian judul yang menarik atau beda dan penggabungan dari dua profesi. Acara pendampingan ini dibuka oleh kepala BPSDM Prof. Jabal Tarik, I, M.Si dilanjutkan oleh penyampaian pesan oleh Sekretaris BPSDM Wasis, SH., M.Si., M.Hum  kemudian dilanjutkan sambutan dari Wakil Rektor I , Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si  berlangsung selama dua hari, bertempat di Amarta Hills Hotel batu, kegiatan dijalankan dengan metode tanya jawab serta penulisan draft jurnal secara langsung.

 

Pada acara tersebut di isi oleh dua pendamping yakni Djoko Sigit S., SE., M.Acc., PhD yang memiliki 41 jurnal internasional, dan Dr. Ilyas Masudin, ST, M.logSCM yang juga memiliki jurnal internasional cukup banyak, beliau berdua sudah malang melintang dan merasakan suka cita dalam pembuatan jurnal internasional. Sampai saat ini jurnal internasional beliau berdua telah diakui oleh scopus, dengan pengalaman mereka yang dibagikan kepada peserta, diharapkan dapat memberikan suntikan semangat yang tinggi sehingga jurnal internasional dapat terselesaikan, segera di-publish dan dilihat oleh reviewer. Hal ini senada dengan pernyataan dari Wasis, SH., M.Si., M.Hum, selaku sekretaris BPSDM, “Sebenarnya tiap dosen itu mampu untuk menyelesaikan jurnal tetapi untuk memenuhi standar Scopus dan ter-reputasi dengan baik itu yang belum” tuturnya”.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, harapannya tidak hanya dijadikan sebuah momentum tetapi dijadikan sebagai semangat baru atau motivasi, sehingga  kiat untuk melakukan penulisan jurnal semakin ditingkatkan dan dilakukan secara konsisten. Begitu pula ilmu yang didapat pada acara tersebut dapat dibagikan kepada dosen yang belum berkesempatan mengikuti acara ini, karena sedianya acara ini memang terbatas, hanya 18 peserta. Melihat antusiasnya para calon peserta atau pendaftar yang bersedia mengikuti acara, Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional bagi dosen akan segera dilaksanakan kembali pada tahap kedua. Dengan begitu diharapkan kuantitas dan kualitas jurnal yang dihasilkan mencapai maksimal (Bpsdm/Dwiki/Sonia) 

Shared: