BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Penyusunan Atmosfer Akademik Berkualitas Melalui Standar Kinerja

Author : Administrator | Selasa, 03 Mei 2016 11:04 WIB
Berita UMM
 

UMM Inn- Setiap profesional yang akan terjun baik dalam ranah dunia kerja maupun dunia akademik tentunya membutuhkan standar kinerja yang tepat. Berkaca dari kebutuhan vital ini, Badan Pengembangan Sumber Daya manusia (BPSDM) bersama Tim penyusun Standar Kinerja Kependidikan yang terdiri dari 14 orang yang terbagi lagi ke dalam 9 bidang kependidikan terbilang sejak pertengahan April mulai merancang formula standar operasional kinerja yang dirasa tepat digunakan dalam ranah akademik. Adapun bidang kependidikan yang formula satndar kinerjanya disusun mulai dari bidang laboratorium, pustakawan, teknisi akuntansi, teknisi mekanik, teknisi administrasi akademik, teknisi listrik, teknik admin kemahasiswaan, dan teknisi komputer.

Penyusunan standar kinerja ini dilakukan  dalam beberapa tahap, dimulai dengan tahap pertama mulai dari brainstorming, riset mulai riset dengan data pembanding, riset lapang hingga riset literatur, penyusunan draft standar kinerja, draft yang masih berupa poin-poin dasar ini dipublikasikan melaui pertemuan rapat pada tahap kedua yang lebih mengagendakan rapat untuk pembahasan draft standar kinerja lebih mendalam. Rapat pembahasan draft standar kinerja ini berlangsung di hotel UMM inn, dimana para tim yang telah ditunjuk di setiap  bidang untuk memaparkan poin standar kinerja yang menurutnya dirasa tepat di terapkan di ranah akademik ini. Rapat yang dimulai pada pukul 09.00, pada Selasa (03/05) ini menfokuskan pada pembahasan yang lebih dalam pada setiap poin yang dipaparkan para tim penyusun agar nantinya dapat diterapkan dan mendapatkan output yang diharapkan.

 

Penyusunan standar kinerja ini tentunya bukan tanpa pertimbangan yang panjang, mengingat perlunya sebuah acuan untuk mewujudkan kinerja tenaga kependidikan yang lebih kredibel, profesional dan berorientasi ke depan. Standar kinerja ini tak hanya membantu dalam hal profesionalisme tenaga kependidikan namun diharapkan dengan adanya kegiatan penyusunan ini menghasilkan output berupa tenaga kependidikan yang lebih berkualitas terutama dari segi SDM sebab tenaga kependidikan juga merupakan faktor yang vital dalam menciptakan kualitas akademik yang berkualitas. Jika tenaga kependidikannya berkualitas dapat dipastikan, ranah pendidikan tinggi tempatnya mengabdi pun tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Bukan tak mungkin, jika atmosfer akademik di Perguruan Tinggi UMM bisa menyamai atmosfer akademik Finlandia jika diiringi komitmen untuk terus meningkatkan kualitas tenaga pendidikan baik ranah dosen maupun karyawan juga peningkatan SDM mahasiswa. (red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image