BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Pacu Produktifitas di Masa Pensiun Melalui Pelatihan Berbasis Entrepreuner

Author : Administrator | Jum'at, 12 Februari 2016 15:58 WIB
Berita UMM
 

UMM, Malang-Menyambut usia pensiun tanpa adanya rencana kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu yang telah menanti setelah purna kerja seolah menjadi mimpi terburuk tersendiri. Permasalahan ini yang menjadi inspirasi terselenggaranya pelatihan bertajuk peningkatan keterampilan tenaga kependidikan yang diselenggarakan pada Kamis (11/02), bertempat di ruang sidang PR I. Acara ini dibuka oleh Prof Jabal Tarik I, selaku kepala BPSDM, dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan pelatihan yang lebih menekankan pada pemberian referensi usaha yang bisa diterapkan untuk membunuh waktu luang di masa pensiun nanti.

Pelatihan ini memberikan referensi pengembangan usaha bibit lele berbasis Biona (Bio Natural, dimana teknik ini termasuk budidaya yang mengacu pada keseimbangan kehidupan alami ikan di perairan. Teknik ini memanfaatkan lahan sempit untuk habibat budidaya lele yang lebih dikenal dengan istilah one house one pon(satu rumah satu kolam). Penerapan one house one pon ini berkontribusi terhadap penyediaan udara bersih (penghijauan).

Tak hanya sebagai filter udara, penerapan teknik budidaya ini juga memasok kebutuhan akan protein pada penduduk Indonesia juga sebagai titik standar kebutuhan lele di kota Malang. Menurut Riza Rahman Hakim, Dosen Perikanan UMM, kebutuhan penduduk kota Malang termasuk dalam kategori tinggi. Mengingat kebutuhan protein pada ikan yang tinggi namun tidak diiringi dengan produksi pengelolaan ikan, tentunya ide usaha budaya ikan lele ini memiliki peluang yang besar.

Di akhir pelatihan, Riza menyampaikan pesan untuk mempertimbangan usaha budidaya lele ini sebab pasokan ikan lele di Kota Malang termasuk minim dan selama ini kebutuhan akan ikan lele dipasok dari luar Kota Malang seperti Mojokerto, Jombang, Blitar dll. Mengakhiri pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari para pegawai UMM yang akan mengakhiri masa kerjanya lima tahun mendatang berbondong menuju rumah pribadi Riza untuk melihat secara langsung tempat budidaya ikan lele yang selama ini dijalankan beliau. (red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image