BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Merefleksikan laboratorium Melalui Sharing Management Laboratorium

Author : Administrator | Selasa, 15 Desember 2015 11:11 WIB
Berita UMM
 

Surabaya,UMM-Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan, peribahasa ini senada dengan kegiatan   studi banding yang diadakan oleh BPSDM  bersama jajaran kepala lab yang membawahi beberapa laboratorium UMM di Universitas Airlangga,Dimana studi banding ini bertujuan untuk menggali lebih dalam perbedaan baik dalam segi prasarana maupun kurikulum laboratorium yang diterapkan selama ini. Acara yang diselenggarakan Kamis,(26/11), ini sengaja dirancang untuk memetakan sistem kinerja laboratorium di ranah perguruan tinggi dari perspektif laboran. Tentunya, setiap laboratorium di beberapa universitas memilki  diferensisasi tersendiri seperti peribahasa di atas. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki bergantung dari perspektif masing-masing. Diharapkan kegiatan ini menjadi acuan untuk menjadikan laboratorium ke arah lebih baik.

Sebelum kegiatan studi banding ini resmi dilaksanakan, setiap pserta dibagi sesuai dengan laboratorium yang dikelolanya, adapun jajaran kepala laboratorium yang berpartisipasi dalam kegiatan ini meliputi kepala laboratorium(red/lab) Manajemen, Kepala  Lab Akuntansi, Kepala Lab Hukum, Kepala Lab Sosiologi, Kepala Lab Komunikasi.  Masing-masing Laboratorium ditemani beberapa dosen perwakilan  dan pengelola laboratorium, dimana perwakilan dosen dan pengelola laboratorium ini memberikan pengantar berupa gambaran umm kinerja laboratorium  sebelum lebih jauh melihat langsung seluk beluk  laboratorium yang sebenarnya.

Menelisik lebih jauh ke dalam laboratorium ekonomi banyak mengalami progres yang cukup signifikan, dimana penggunaan finger print untuk mendeteksi kehadiran para staff dan dosen. Penggunaan ruang baca yang sengaja ditampilan privat, hal ini terlihat dari penggunaan id card tertentu untuk dapat mengakses ruang baca ini. Hal serupa juga diterapkan di laboratorium ekonomi UMM yang sudah menggunakan finger print untuk memonitori kehadiran staff dan dosen.

Tak berbeda jauh dengan laboratorium ekonomi, laboratorioum sosiologi dan komunikasi juga memiliki spesifikasi tersendiri dalam laboratorium seperti diferensiasi perlakuan/kurikulum di setiap laboratorium sosiologi, dimana laboratorium dibedakan berdasarkan simulasi praktikum yang dijalankan seperti laboratorium khusus untuk menemukan problem solving, debat atau simulasi kasus. Hal serupa juga ditemukan pada laboratorium komunikasi , dimana laboratorium komunikasi juga memiliki diferensi kurikulum dan spesiikasi laboratorium berdasarkan mata kuliah praktikan yang diterapkan misalnya, pengunaan laboratorium radio, laboratorium penulisan nasakah, editing dan desain, laboratorium press conference dll. Tak jauh berbedas laboratorium ilmu sosial yang dimiliki UMM juga sudah melakukan diferensiasi di tiap laboratorium sesuai mata kuliah praktikan, hanya masih tergolong masih minim dari segi penerapan kurikulum yang sedikit berbeda dan masih kurang ter-spesifikasi.

 

Kegiatan sharing management laboratorium ini sejatinya tidak hanya sekedar untuk menggali sejauh mana laboratorium dipandang compatiable, namun lebih menekanka pada refleksi untuk terus ber-progres, berkembang, juga senantiasa terus mengevelauasi ke arah yang lebih baik kedepannya baik dari segi sarana laboratorium, pengelolaan laboratorium maupun kurikulum yang diterapkan.(red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image