BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Menumbuhkan Produktivitas Penelitian Melalui Pelatihan Aplikasi Analisis Persamaan Struktural (SPSS & AMOS)

Author : Administrator | Selasa, 20 Oktober 2015 10:33 WIB
 

 

UMM Inn-Sabtu (17/10), BPSDM-UMM sebagai lembaga yang bertugas meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang telah melaksanakan Pelatihan Analisis Structural Equation Model bertempat di Hotel UMM Inn. Pelatihan dibuka oleh Kepala BPSDM-UMM, Prof.Dr. Jabal Tarik Ibrahim, M.Si. Adapun materi yang disajikan meliputi materi Statistik dan Analisis Multivariat, Model Pengukuran dan Model Struktural, serta Aplikasi SEM. Peserta pelatihan berjumlah 50 orang dari semua jurusan yang ada di UMM, misalnya Kedokteran, Teknik, Pertanian, Ekonomi Bisnis, Sospol, Keperawatan, Farmasi, Keguruan, Psikologi, dan mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Peserta dosen berpendapat bahwa dirinya memerlukan pengembangan atau penajaman kemampuan analisis data kuantitatif. Peserta yang berasal dari mahasiswa pascasarjana menganggap bahwa dirinya memerlukan ketrampilan aplikatif untuk analisis data penyelesaian tesis atau disertasi.

 

Para peserta pelatihan berharap dapat menambah kemampuan dan ketrampilan analisis data menggunakan program aplikasi analisis data statistik tertentu sehingga dalam pengajaran dan penelitiannya akan semakin bervariasi dan lebih berkualitas. Kemampuan analisis data akan menambah daya saing dosen dalam penelitian eksternal nasional maupun international. Dosen sebagai pengajar maupun sebagai peneliti akan memiliki kemampuan teori dan aplikasi bidang statistik.

 

Peningkatan kemampuan SDM di semua ini merupakan komitmen UMM agar universitas yang mendapat Anugerah Kampus Unggulan delapan tahun berturut-turut terus melesat melewati batas-batas nasional menuju universitas yang sejajar dengan universitas bereputasi internasional. Feedback audience terhadap pelatihan ini ditunjukkan dengan animo yang tinggi terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut andil dalam pelatihan ini. Pentingnya pelatihan ini diselenggarakan untuk meng-up date, merefresh kembali aplikasi SPSS AMOS bagi para penghobi dan penggiat peneliti terutama di ranah penelitian kuantitatif. Agar bila ada topik baru bisa eksplor sesuai perkembangan statistika,

Pelatihan ini juga bertujuan untuk mempertemukan titik terpenting dalam meningkatkan produktifitas penelitian yakni mempertemukan antar penggiat penelitian yang nantinya dapat saling berkolaborasi dalam beberapa proyek penelitian personal maupun proyek penelitian bersama sehingga terbentuk link antar penghobi riset yang nantinya ke depannya semakin solid. Kolaborasi ini diharapkan dapat lebih banyak lagi mengeksplor fenomena terbaru dalam ranah penelitian berbasis statistika.

Seolah ingin menunjukkan bahwa Ilmu itu dinamis, maka perlu adanya pembelajaran dan pelatihan yang diwujudkan secara konsisten guna meng-update metode-metode guna mengeksplore lebih dalam lagi fenomena yang berskala kecil maupun besar. Hakikatnya penelitian dan pengabdian adalah wujud nyata dalam rangka transfer ilmu yang dimiliki guna kemajuan bagi masyarakat tempatnya mengabdi.

Diharapkan penelitian yang dijalankan dosen nantinya juga memiliki dampak bagi mahasiswa tak hanya masyarakat dimana, penelitian yang dijalankan oleh dosen juga memiliki feedback berupa transefer ilmu yang dirasakan oleh mahasiswa sehingga antara dosen dan mahasiswa nantinya terus berkembang satu sama lain sesuai dinamika perubahan di masa depan

Di era sekarang pemerintah sangat concern terhadap penelitian yang nantinya memberikan output yang memiliki dampak yang baik di masa mendatang hal ini ditunjukan dengan komitmen pemerintah saat mengelontorkan hidah dana penelitian pada kalangan dosen maupun mahasiswa sekalipun dana yang dicairkan pemerintah dirasa kurang, banyak sekali dana CSR yang menawakan diir untuk mendanai penelitian di kalangan akademisi terutama yang memilki output yang memberikan dampak yang baik di masa depan.

Tersedianya dana penelitian yang berasal dari pemerintah maupun non pemerintah berupa CSR ini memberikan ranah ruang gerak para dosen menjadi luas dan daya kompetitif anatar dosen semakin rendah sehingga produktisikas secara signifikan mengalami peningkatan. Transfer ilmu yang terbentuk dalam ranah penelitian dapat diwujudkan secara konsisten jika kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam menjalankan penelitian dapat terus dilakukan secara berkesinambungan. Kinerja dosen sebagian besar dinilai dari tingkat produktivitas penelitian dan publikasi, dimana penelitian memiliki faktor yang paling vital bagi performa dosen di tataran perguruan tinggi

Akreditasi jurnal ilmiah yang telah dipublikasi diharapkan dengan pelatihan ini dapat terus diproduksi lebih banyak lagi hingga merambah ke tingkat internasional.Pelatihan seperti ini namun tersendiri bagi para doctor juga perlu diselenggarakan untuk merangsang dan mendongkrak produktivitas penelitian dan jurnal ilmiah yang terakreditasi dari segi kuantitatif dan kualitas semakin meningkat

Seperti yang terjadi di Harvard University, dimana sebagian dana operasionalnya dapat mengandalkan dari royalti hasil penelitian para professor, doctor, maupun dosen yang telah dipublikasikan. Berkat produktivitas penelitian, ini sekalipun Harvard tidak memiliki mahasiswa, Harvard masih bisa bertahan hanya dengan mengandalkan royalty hasil penelitian para akademisinya saat ini. “Statistika dulu belum dimanfaatkan di semua bidang perlu secara berkesinambungan , beberapa metode, cara penyampaian harus sering dilakukan sehoingga terbiasa menggunakan, agar tidak asing dengan penelitian statistika . informasi yang disampaikan dalam jurnal ilmiah bisa disampaikan dengan tepat”papar Atiek, selaku pemateri pelatihan ini(Ilel/Red)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image