BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Mengukir Kelekatan Relasi dan Semangat Mengabdi Melalui Pembekalan Dosen Muda UMM

Author : Administrator | Kamis, 14 Januari 2016 17:02 WIB

 

Malang, UMM - Menciptakan kerekatan yang erat antar sesama rekan kerjaa memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan produktifitas kerja.  Feedback positif inilah yang menjadi indikator terlaksananya acara pembekalan dosen kontrak baru Universitas Muhammadiyah Malang. Acara yang dilaksanakan pada Rabu, (13/01) ini diharapkan dapat memperat kelekatan dan kedekatan antar sesama dosen yang tergolong baru mengabdikan ilmunya di UMM ini. Acara yang bertempat di Ruang Sidang Senat ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pengabdian ilmu di UMM ini.

Acara dibuka dengan key note speaker yang disampaikan oleh Pembantu Rektor II, Fauzan menegaskan pentingnya menjalin kedekatan dan intensitas interaksi anatar sesama dosen baik sesama jurusan maupun lintas jurusan. Kedekatan antar dosen ini sangat berguna untuk proses transfering ilmu antar multidisiplin. Selain itu, produktifitas dosen tidak hanya berpusat pada produktifitas mengajar saja namun juga produktifitas dalam hal publikasi seperti penulisan jurnal, buku, artikel media massa, produktifitas dalam kegiatan pengabdian dan sosial merupakan komponen penting bagi dosen terutama dosen muda. Dimana dosen muda ini masih memiliki sumber daya waktu dan tenaga yang tergolong memadai untuk memulai aktifitas produktif ini.

Tak hanya sisi produktifitas diri yang perlu ditingkatkan bagi dosen muda,  perlunya peningkatan jenjang pendidikan dirasa penting bagi perkembangan karir dosen itu sendiri.  Dosen muda didorong untuk senantiasa terus meng-upgrade jenjang pendidikan hingga gelar doctoral terutama di ranah akademik luar negeri sebab peningkatan jenjang pendidikan ini memberikan dampak yang positif bagi civitas akademika UMM.

Usai, penyampaian sambutan dari pembantu Rektor II, acara pembekalan dilanjutkan dengan sesi materi yang berkaitan dengan Kode Etik Dosen UMM. Materi ini disampaikan oleh Muslimin Machmud yang di moderatori  langsung oleh Kepala BPSDM, Prof.Dr.Jabal Tarik I, M. Si. Dalam menyampaikan materinya, beliau menegaskan perlunya mengetahui standar etik saat mengabdikan ilmunya di UMM dan pentingnya menyelaraskan tindakan mengajar didasarkan kode etik yang telah ditetapkan ini. Selanjutnya, materi mengenai Dasar dan Filosofi Mengajar disampaikan oleh Endang Poerwanti, dimana beliau menyampaikan pentingnya rasa kecintaan pada profesi mengajar saat mengabdikan ilmunya di ranah akademisi UMM ini. Jika, kecintaan ini tumbuh maka seiring berjalannya waktu rasa nyaman dalam mengabdikan ilmu akan tercipta dengan sendirinya.

 

Tak hanya kecintaan yang harus ditumbuhkan, proses penerimaan dan pengertian juga perlu ditumbuhkan seperti materi yang disampaikan oleh Akhsanul In’am, dalam materi yang bertajuk Dasar dan Filosofi Belajar beliau menekankan pentingnya menumbuhkan support pada beberapa mahasiswa yang kemampuan akademik yang dirasa tergolong rendah dan belum mampu menyerap materi pembelajaran dengan baik. Dosen harus senantiasa menerima kemampuan akademik mahasiswa yang dirasa masih kurang dengan terus mendorong mahasiswa untuk terus berkembang tanpa adanya pemaksaan, penekanan hingga labeling yang buruk. Di akhir acara pembekalan ini, materi tentang Evaluasi Mutu Pembelajaran, dimana dosen perlu memetakan hasil evaluasi setiap pembelajaran yang disampaikan guna menjadikan bahan evaluasi ini sebagai indikator tolak ukur bagi perkembangan akademik mahasiswa pada materi pembelajaran yang disampaikan. Di akhir acara, Kepala BPSDM, Jabal memberikan ucapan selamat pada para dosen agar senantiasa terus bersemangat mengabdikan ilmunya di UMM (red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image