BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Keterampilan Kerja Merupakan Nilai Tawar Bergengsi

Author : Administrator | Senin, 21 November 2016 09:03 WIB

 

AULA BAU UMM-Keterampilan dalam bekerja merupakan nilai tawar yang berharga di dunia kerja. Keterampilan tak bisa hanya didapatkan hanya dari meja perkuliahan semata terlebih dengan hanya berpangku tangan tanpa usaha pengembangan diri. Minggu, (20/11) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia UMM mengadakan acara yang bertajuk “Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Tenaga Partime  UMM”. Tujuan diadakannya acara ini ialah agar tenaga partime UMM mampu mempersiapkan persaingan pasar tenaga kerja seoptimal mungkin. Acara ini dihadiri kurang lebih 200 orang tenaga partime UMM yang berasal dari berbagai unit kerja di UMM. Acara digelar di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang yang dibuka oleh Kepala BPSDM Bapak Prof. Dr. Jabal Tarik Ibrahim., M.Si. dan dilanjutkan dengan Pengarahan dari Bapak Wakil Rektor III Dr. Sidik Sunaryo, SH., M.Si., M.Hum dan Kabag Hukun dan Kepegawaian Bapak Dr. Baiduri. M.Si, dalam pengarahannya beliau menyampaikan pergulatan dunia kerja yang semakin hari semakin penuh persaingan sehingga setiap calon tenaga kerja wajib memiliki soft skill sebagai nilai tawar, maka hal tersebut harapannya dapat membuka mata seluruh trainee agar sigap dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang nyata.

Usai sambutan selesai, acara kembali dilanjutkan dengan 4 materi yang diberikan secara seri. Materi pertama diberikan oleh Bapak Wasis selaku Sekretaris BPSDM dengan topik “Corporate Culture”,beliau menyampaikan bahwa setiap perusahaan pasti memiliki budaya kerja yang berbeda sehingga pola adaptasi yang cepat sangat dibutuhkan. Acara dilanjutkan materi kedua yang diberikan oleh Bu Ratih Yuliati mengenai “Komunikasi”, hal ini semakin membuat rasa antusias pada trainee, sebab pada materi ini dapat dibawakan dengan sangat hangat dan interatifoleh Bu Ratih Yuliati. Materi ketiga diberikan oleh Bapak Shobbah Sabilil selaku Instruktur pada Divisi INFOKOM di Universitas Muhammadiyah Malang, mengenai “Tekhnologi Informasi dan Komunikasi pada Perkantoran”. Para Trainee merasa terbantu dengan adanya penyampaian materi tersebut, karena dengan begitu mereka dapat dengan luas dan mudah sharing berbagai problematika tekhnologi informasi dan komunikasi beserta penyelesaiannya di dalam forum. Kemudian materi terakhir diberikan oleh Bapak Yudi mengenai “Standart Pelayanan”, materi terakhir dibawakan oleh beliau dengan santai dan menyenangkan sehingga trainee dapat tetap semangat dalam melanjutkan jalannya pelatihan.

            Pelatihan dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 WIB  hingga pukul 16.00 WIB. Acara berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Timing merupakan ujian terberat dalam melaksanakan suatu acara, kemunduran timing menyebabkan tidak efektifnya rangkaian schedule. Namun BPSDM UMM mampu mengantisipasi hal tersebut dengan baik sehingga acara berjalan sesuai dengan durasi waktu yang ditentukan. Kendala yang signifikan adalah berkurangnya jumlah trainee yang disebabkan oleh terpotongnya waktu saat digunakan untuk break time menyebabkan trainee enggan kembali dengan cepat.  Namun secara keseluruhan serangkaian Acara Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Tenaga Partime  UMM berjalan dengan baik dan menyenangkan. (BPSDM/Nia)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image