BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Finalisasi Standar Kinerja berbasis Education dan Vacation

Author : Administrator | Kamis, 19 Mei 2016 15:47 WIB
Template Judul Gambar Berita 1
Template Judul Gambar Berita 2.

Nongkojajar, Pasuruan- Menindaklanjuti kembali rangkaian kegiatan penyusunan standar kinerja  yang telah digagas selama pertengahan april ini hingga awal mei, BPSDM(Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) UMM mengadakan kegiatan bertajuk Finalisasi Standar Kinerja bagi Tenaga Kependidikan. Konsistensi kegiatan ini mengacu pada kebutuhan vital yang terefleksikan dalam uraian standar kinerja yang nantinya dapat diaplikasikan pada setiap tenaga kependidikan yang mengabdikan dirinya di UMM ini. Kegiatan ini berawal dari kesadaran akan pentingnya penciptaan atmosfer kerja yang tidak hanya nyaman dan kondusif namun berorientasi secara tepat dalam mencapai tujuan di setiap indikatornya. Sebab, Setiap profesional yang akan terjun baik dalam ranah dunia kerja maupun dunia akademik tentunya membutuhkan standar kinerja yang tepat dan akurat. Tim penyusun Standar Kinerja Kependidikan yang terdiri dari 14 orang yang terbagi lagi ke dalam 9 bidang kependidikan mulai dari bidang laboratorium, pustakawan, teknisi akuntansi, teknisi mekanik, teknisi administrasi akademik, teknisi listrik, teknik admin kemahasiswaan, dan teknisi komputer ini mulai mengikuti proses finalisasi standar kinerja. Kegiatan ini sengaja didesain berbasis coaching and vacation, tujuannya agar dapat menyegarkan kembali suasana diri setelah ditempa berbagai tahapan penyusunan standar kinerja.

Sebelumnya tim yang telah ditunjuk ini telah melewati berbagai tahapan penyusunan mulai dari tahap pertama mulai dari brainstorming, riset mulai riset dengan data pembanding, riset lapang hingga riset literatur, penyusunan draft standar kinerja, draft yang masih berupa poin-poin dasar ini dipublikasikan melaui pertemuan rapat pada tahap kedua yang lebih mengagendakan rapat untuk pembahasan draft standar kinerja lebih mendalam. Hingga, tahap ketiga yang merupakan tahap final, para tim yang telah dibentuk akhirnya mempresentasi standar kinerja yang sebelumnya telah mengalami berbagai revisi dari bebrapa aspek, presentasi final ini digelar pada, Selasa (17/05) yang bertempat di Aula pelatihan Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan. Presentasi final ini diawali dengan presentasi tiap tim yang mewakili bidang yang dikaji lalu pemaparan kendala dan hambatan dalam proses penyusunan, evaluasi hingga tahapan pengesahan akhir dimana standar kinerja yang telah ditetapkan dapat dipublikasikan secara paten.

Sebelumnya, Wasis, SH, M Si, M Hum selaku sekertaris dan koordinator kegiatan ini menyampaikan format yang harus diikuti oleh tim dalam rangka untuk publikasi standar kinerja agar draft standar kinerja ini dapat dipatenkan dan diaplikasikan. Usai presentasi final standar kinerja ini, para tim dan staff BPSDM mengikuti rangkaian kegiatan berbasis education dan vacation yang telah disediakan oleh pihak pengelola Agrowisata Bhakti Alam. Rute dimulai dari berkeliling wilayah destinasi agro yang memanjakan pengunjung dengan spot yang menarik mulai dari tempat pasteurisasi susu, berbagai  tanaman yang dikembangkan hingga kios buah belimbing yang menyajikan buaj belimbing yang sudah masak dan siap disantap. Kegiatan ini diakhir dengan trip kawasan agrowisata yang tentunya memberikan efek yang menyegarkan bagi para tim yang telah berjibaku menyusun standar kinerja selama ini.

 

Standar kinerja ini tak hanya membantu dalam hal profesionalisme tenaga kependidikan dan penyelenggaraan akreditasi instituti namun diharapkan dengan adanya kegiatan penyusunan ini menghasilkan output berupa tenaga kependidikan yang lebih berkualitas terutama dari segi SDM sebab tenaga kependidikan juga merupakan faktor yang vital dalam menciptakan kualitas akademik yang berkualitas. Jika tenaga kependidikannya berkualitas dapat dipastikan, ranah pendidikan tinggi tempatnya mengabdi pun tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.(red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image