BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Cetak Laskar Pegawai Prima Lewat Pelatihan Berbasis Fun Game

Author : Administrator | Selasa, 29 September 2015 13:12 WIB


 “Memiliki pekerjaan yang berarti adalah kebahagiaan yang tak terkira.”, Peserta pelatihan beserta trainer BPSDM seusai pelatihan.


            










     





 

 



          Key note
 Rita Mae Brown ini menguatkan betapa pentingnya mencintai pekerjaan. Mencintai  pekerjaan menjadi isu kekinian dalam manajemen sebuah unit kerja. Bukan menjadi rahasia umum lagi meningkatknya produktivitas selalu dipelopori tumbuhnya rasa cinta(passion) pada diri para pekerja. Isu inilah yang menginspirasi pihak BPSDM(Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Universitas Muhammadiyah Malang dengan menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk “Pelayanan Prima bagi Karyawan Kontrak” yang bertempat di Apple Sun Training Center, Kota Batu. Pelatihan ini menfokuskan pada pembelajaran berbasis outbond. Pelatihan ini berlangsung mulai dari Sabtu siang(26/09) hingga Minggu siang(27/09). Pelatihan resmi dimulai dengan sambutan dari  Fauzan selaku pihak PR II. Dalam sambutannya Fauzan menegaskan pentingnya profesionalisme dalam melayani juga etika dalam melayani .



Usai pembagian kelompok pada sesi ice breaking peserta pelatihan yang dibagi menjadi enam kelompok yang terdiri dari kelompok Matahari, Alif, Kursi, Bahagia, Ikhlas, dan Semangat. Keenam kelompok ini ditantang untuk  menampilkan sebuah opera yang bertemakan pelayanan prima di setiap unit kerja  Universitas Muhammadiyah Malang .

Materi ketiga usai ice breaking dilanjutkan dengan materi kepegawaian yang disampaikan oleh Wasis. Dalam menyampaikan materinya Wasis menekankan pada topic mengenai  hak dan kewajiban karyawan, landasan hukum berkaitan dengan pelanggaran dan sanksi serta etika karyawan.



Materi keempat yang dipresentasikan oleh Yudi, didominasi dengan materi berupa motivasi pada para peserta  untuk memahami kekuatan diri. Dimana kekuatan diri inilah yang dapat membantu menumbuhkan rasa cinta pada pekerjaan.Materi kelima lebih menekankan pada aspek communication skill yang dimentori oleh Ratih . Materi yang disampaikan semakin menarik dengan adanya praktek langsung di detiap topiknya seperti tata cara menerima telepon, cara berjalan, cara berkenalan selain itu peserta ditantang untuk berkenalan dengan lebih banyak peserta yang notabenenya berbeda dengan unit kerjanya.

 










Di akhir pelatihan pelatihan prima dihari pertama ini ditutup dengan penampilan opera dari para peserta yang dimenangkan oleh kelompok Matahari sebagai juara pertama, kelompok Ikhlas sebagai juara kedua, dan kelompok Semangat sebagai juara ketiga. Menurut  peserta, pelatihan ini sangat menarik karena sebagai karyawan kejenuhan bekerja dapat dihilangkan dan membuat relasi antar karyawan semakin kuat. “Sebelum pelatihan ini saya hanya mengenal rekan yang ada dalam lingkup unit kerja saya, dengan adanya pelatihan ini saya semakin banyak mengenal karyawan di luar lingkup unit kerja saya.”ungkap Filla, salah satu peserta pelatihan yang bekerja di unit Lab Agribisnis(red/Ilel)

 
@BPSDM

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image