BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang
BPSDM
Universitas Muhammadiyah Malang

Cetak Best Branding Bagi Pengajar Muda UMM Melalui Capacity Building and Comitment(Part 2)

Author : Administrator | Selasa, 07 Juni 2016 10:36 WIB
Berita UMM
 

RUSUNAWA UMM-Mendarmakan diri pada sebuah komitmen dibutuhkan kebulatan tekad dan ketulusan untuk menjalaninya. Komitmen esensinya selalu memiliki konsekuensi untuk dijalankan secara konsisten. Mengingat pentingnya komitmen terutama dalam sebuah organisasi Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan pelatihan bertajuk “Capacity Building and Comitment”, dimana pelatihan ini menyasar 31 dosen kontrak yang dapat dikategorikan masih baru dalam mengabdikan ilmunya di UMM ini. Kegiatan ini sengaja dirancang berbasis edukasi training dan outbond dimana peserta yang notabenenya dosen ini tidak hanya menerima materi yang bersifat teori namun juga aplikatif. Selain, menekankan pada materi kelas, pelatihan ini juga memaparkan materi tentang pentingnya “branding”’ untuk menunjukkan citra UMM di mata khlayak umum. Konsep branding ini memiliki posisi yang vital sebab setiap pihak yang bernaung di atap UMM ini, esensinya wujud representasi UMM dihadapan khalayak umum maupun stakeholder UMM sendiri termasuk dosen.

            Acara pelatihan ini berlangsung selama dua hari satu malam pada Jum’at, (3/7) hingga Sabtu, (4/7) bertempat di Rusunawa II Surya Gemilang. Acara pelatihan ini dibuka oleh kepala BPSDM Prof Jabal Tarik Ibrahim yang menyampaikan kode etik mengajar dan pengajar yang berlaku di UMM secara garis besar, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Rektor UMM, Fauzan, Mpd. Dlam sambutannya Fauzan menekankan pentingnya komitmen untuk terus mengabdikan ilmunya di UMM dan terus meng-upgrade kemampuan diri baik dalam ranah akademik maupun spiritual.

Usai pemberian sambutan yang bertajuk “Membangun Spirit Corporate Culture UMM”  dari Rektor UMM, acara kembali dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Nasrullah, dimana beliau memberikan materi mengenai branding. Menurutnya, pembentukan branding sangat penting terutama untuk menunjang pembentukan citra positif di mata publik. Dimana citra positif ini dapat memberikan output berupa pembentukan citra dan representatif yang positif bagi setiap pihak yang turut berperan dalam UMM ini. Usai penyampaian materi penguatan branding, acara dilanjutkan dengan materi bertajuk “Berkhidmat di Persyarikatan Muhammadiyah sebagai Insan Cita Penerus UMM Masa Depan”, dimana materi ini lebih menekankan pada penumbuhan loyalitas diri terhadap organisasi Muhammadiyah yang notabenenya menjadi induk pengerak roda akademis di lingkungan UMM ini. Materi yang disampaikan oleh Dr. Abdul Haris ini juga menekankan pentingnya komitmen untuk mengabdikan ilmu dan senantiasa mengasah spiritual selama mengajar di UMM. Materi ini menjadi materi  penutup dalam rangkaian materi kelas dalam pelatihan “Capacity Building and Comitment” ini.

 

            Keesokan harinya, acara pelatihan ” Capacity Building and Comitment” ini dilanjutkan dengan kegiatan outband berbasis education training, sebelum melaksanakan outbond peserta berpatisipasi dalam senam pagi berbasis fun game yang dipimpin oleh M Hayat, S. Sos, MA, kemudian dilanjutkan dengan pemberian opening outbond berupa “Pengembangan Kompetensi Personal dan Sosial” oleh Yudi Suharsono, S. psi, M. Si dan tim. Usai penyampaian opening outbond, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok besar dan mengikuti serangkaian outbond yang sengaja didesain untuk mempererat kekompakkan satu sama lain dan kekuatan rasa percaya diri pada masing-asing individu. Di penghujung acara ditutup dengan ulasan kepala BPSDM dan pemberian hadiah bagi kelompok yang memiliki poin tertinggi selama rangkaian kegiatan outbond. (red/ilel)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image