BPSDM Gelar Workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK) bagi dosen dilingkungan UMM

Senin, 18 September 2017 08:12 WIB

Menstimulus Kepangkatan Dosen melalui Workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK)

 

UMM Inn, Senin 18 September 2017. Bertempat di Hall Cokroaminoto Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia UMM menggelar acara yang bertajuk “Workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK) Bagi Dosen”. Acara yang dibuka langsung oleh Rektor UMM Drs.Fauzan M.Pd.ini diikuti oleh kurang lebih 75 peserta yang terdiri dari dosen dan perwakilan tenaga kependidikandari masing – masing fakultas. Kegiatan ini diinisiasi untuk memberikan gambaran dan arahan kepada dosen dalam rangka menyusun angka kredit nantinya. Untuk perwakilan tenaga kependidikan yang ditunjuk diharapkan dapat membantu para dosen yang mau mengajukan kepangkatan sebelum diserahkan untuk dikoreksi oleh tim PAK yang telah ditetapkan di masing – masing fakultas. Harapannya setelah acara ini selesai, para peserta (dosen) sudah ada yang memulai untuk mengajukan kepangkatan tambah Bapak Drs.Fauzan M.Pd kepada seluruh peserta workshop. Dalam Workhsop ini Kepala BPSDM Bapak Prof.Dr.Jabal Tarik Ibrahim, M.Si pada sambutannya menyatakan bahwa agenda ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh BPSDM UMM dimana tujuannya adalah meningkatkan jumlah dosen dengan kepangkatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini (Permendikbud No. 92 Tahun 2014). Jadi dosen tidak hanya mengajar saja, namun demikian dosen juga perlu menyusun angka kredit yang nantinya akan diajukan untuk kenaikan jabatan akademik/pangkat.    

Selanjutnya Rektor UMM Bapak Drs.Fauzan M.Pd menyatakan bahwa memorandum terkait pengajuan kepangkatan bagi dosen (tenaga pengajar) saat ini sudah ditiadakan, harapannya setelah mengikuti workshop ini nanti Bapak/Ibu dosen akan lebih giat lagi untuk mengurus kepangkatannya. Materi workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK) ini disampaikan oleh Perwakilan Kopertis Wilayah VII yakni Bapak Prof Agustinus Ngadiman. Dalam paparannya Bapak Prof.Ngadiman begitu sapaan akrabnya  menyatakan bahwa “Pengajuan angka kredit ini dinilai penting guna meningkatkan kualitas diri Bapak/Ibu Dosen masing-masing, output dari kegiatan ini adalah Bapak/Ibu segera mengajukan kepangkatannya.Beliau juga menambahkan bahwa terdapat empat jenjang jabatan fungsionalis dalam dosen. Keempat jabatan fungsionalis tersebut yakni asisten ahli, lektor, lektor kepala dan profesor. ''Jabatan itulah yang mempengaruhi besarnya jumlah tunjangan yang diterima seorang dosen,'' terangnya. Dibutuhkan satu tahun pengalaman mengajar dengan angka kredit sebanyak 150 bagi dosen baru yang ingin mengajukan kenaikan jabatan menjadi asisten ahli. Angka kredit sendiri merupakan satuan nilai dari tiap butir kegiatan yang berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Peserta workshopterlihat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada pemateri yang intinya terkait dengan persyaratan Penyusunan Angka Kredit (PAK).Acara berjalan lancar dan ditutup oleh Sekertaris BPSDM Bapak Wasis, SH,M.Si.,M.Hum. Dalam penutupannya beliau berpesan kepada seluruh peserta workshop untuk lebih giat lagi dalam menyusun angka kreditnya nanti, jika syarat-syarat pengajuan sudah terpenuhi maka Bapak/Ibu dosen dimohon untuk segera mengajukan kenaikan pangkatnya. (Ary Bakhtiar BPSDM).

        

 

                                                                          

 

  

Shared: